Tips untuk yang susah bangun pagi

Susah bangun pagi ? susah tidur ? saya termasuk orang yang susah tidur apalagi bangun pagi, sempat bertanya ke teman yang notabenenya seorang dokter, dia menyarankan untuk mengubah jam tidur saya yang sudah terbiasa tidur larut malam, menjadi lebih cepat. Saya juga mendapat saran untuk minum susu hangat sebelum tidur, tapi ada beberapa saran lainnya jika kita sulit tidur, berikut adalah tips-tipsnya;

1. Tidur lebih awal
Kesulitan bangun di pagi hari sering diakibatkan karena kurang tidur dan tidur terlalu larut malam. Tidur lebih awal dan memastikannya mendapatkan 8 sampai 9 jam tidur setiap malam dapat membantu membangunkan remaja di pagi hari dengan lebih mudah. 
2. Buka tirai dan biarkan sinar matahari masuk ke dalam ruangan
Paparan sinar matahari pagi tidak hanya membantu jam biologis manusia menyadari sudah waktunya untuk bangun, tetapi juga membantu mengatur jam biologis sepanjang hari, sehingga kita akan memiliki jam tidur yang teratur. 
3. Tetap tidur dan bangun di jam yang sama meski akhir pekan
Meski di akhir pekan tidak ada kewajiban untuk bangun pagi, namun bila Anda bangun terlalu siang dan tidur terlalu malam di akhir pekan bisa mengganggu jam biologis tubuh sehingga menyulitkan Anda bangun di Senin pagi. Anda boleh saja bangun agak siang, tapi sebaiknya tidak lebih dari 2 atau 3 jam agar tidak mengganggu jam tubuh. 
4. Olahraga teratur
Berolahraga secara teratur selama seminggu, namun batasi aktivitas 2 hingga 3 jam sebelum tidur. Hal ini akan membuat kita memiliki waktu tidur yang baik dan tentunya mampu bangun lebih pagi. 
5. Jauhkan komputer dan kafein sebelum tidur
Agar kita dapat tidur dengan baik, jauhkanlah dari hal-hal yang bisa mengganggu tidurnya, seperti kafein, komputer atau berdebat di malam hari. Hindari tidur dengan sinar komputer atau TV yang berkelap-kelip di kamar. Sebaiknya matikan lampu saat tidur yang akan mempercepat produksi hormon melatonin, sehingga membantu remaja tidur lebih nyenyak.

Semoga bisa membantu :D

sumber
Previous
Next Post »