Implementasi Telematika: GPS


Telematika adalah singkatan dari Telekomunikasi dan Informatika (id.wikipedia.org/wiki/Telematika)

Implementasi Pada Telematika

Global Positioning System (GPS)

Global Positioning System atau yang lebih dikenal dengan GPS merupakan sistem navigasi satelit yang dikembangkan oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US DoD = United States Department of Defense). GPS memungkinkan kita mengetahui posisi geografis kita (lintang, bujur, dan ketinggian di atas permukaan laut). Jadi dimanapun kita berada di muka bumi ini, kita dapat mengetahui posisi kita dengan tepat. (http://www.navigasi.net/gofaq.php)

Bagaimana GPS berfungsi ?



  • Satelit GPS mengelilingi lingkaran bumi dua kali sehari dalam orbit yang sangat tepat dan menghantar maklumat isyarat ke bumi
  • GPS receiver memuat triangulasi maklumat dan digunakan untuk mengira lokasi yang tepat pengguna. Pada dasarnya, penerima GPS membandingkan masa isyarat yang dihantar oleh satelit dengan masa yang telah diterima. 
  • Perbedaan waktu memberitahu penerima GPS seberapa jauh satelit tersebut. Sekarang, dengan pengukuran jarak dari satelit lagi, penerima boleh menentukan kedudukan pengguna dan memaparkannya pada peta elektronik unit.

Sekmen GPS



  • Satelit (Space Segment)
Stasiun radio di angkasa yang dilengkapi dengan antenna-antena untuk mengirim dan menerima sinyal-sinyal gelombang. Sinyal-sinyal itu selanjutnya diterima oleh receiver GPS dipermukaan bumi dan digunakan untuk penentuan posisi, kecepatan maupun waktu. Selain itu satelit juga dilengkapi dengan peralatan untuk mengontrol tingkah laku sateil, serta sensor-sensor untuk mendeteksi peledakan nuklir dan lokasinya.
  • Pengontrol (Control/Ground Segment)
Berfungsi untuk mengontrol dan memantau operasional satelit dan memastikan bahwa satelit berfungsi sebagaimana mestinya .Fungsi ini mencakup beberapa tugas :
- Menjaga agar semua satelit masing-masing berada pada posisi orbit yang seharusnya (station keeping).
- Memantau dan menjaga kesehatan dari semua sub sistem satelit.
- Memantau panel matahari satelit, level daya baterai.
- Menentukan dan menjaga waktu system GPS.
  • Pemakai (User Segment)
Segmen pengguna terdiri dari para pengguna satelit GPS, baik di darat, laut maupun di angkasa . Alat penerima sinyal (receiver) diperlukan untuk menerima dan memperoses sinyal-sinyal dari satelit GPS untuk digunakan dalam penentuan posisi, kecepatan maupun waktu.Komponen utama dari receiver GPS adalah :
  1. Antena dengan pre-amplifeier
  2. Bagian RF (Radio Frequency) dengan pengidentifikasi sinyal dan pemroses sinyal.
  3. Pemroses mikro untuk pengontrol receiver, data sampling, dan pemroses data
  4. Osilator presesi
  5. Catu daya
  6. Unit perintah dan tampilan
  7. memori serta perekam data.
(http://imadara.blogspot.com/2008/01/3-segmen-gps.html)

Kegunaan GPS
  • Militer
GPS digunakan untuk keperluan perang, seperti menuntun arah bom, atau mengetahui posisi pasukan berada. Dengan cara ini maka kita bisa mengetahui mana teman mana lawan untuk menghindari salah target, ataupun menetukan pergerakan pasukan.
  • Navigasi
GPS banyak juga digunakan sebagai alat navigasi seperti kompas. Beberapa jenis kendaraan telah dilengkapi dengan GPS untuk alat bantu nivigasi, dengan menambahkan peta, maka bisa digunakan untuk memandu pengendara, sehingga pengendara bisa mengetahui jalur mana yang sebaiknya dipilih untuk mencapai tujuan yang diinginkan.
  • Sistem Informasi Geografis
Untuk keperluan Sistem Informasi Geografis, GPS sering juga diikutsertakan dalam pembuatan peta, seperti mengukur jarak perbatasan, ataupun sebagai referensi pengukuran.
  • Sistem pelacakan kendaraan
Kegunaan lain GPS adalah sebagai pelacak kendaraan, dengan bamtuan GPS pemilik kendaraan/pengelola armada bisa mengetahui ada dimana saja kendaraannya/aset bergeraknya berada saat ini.
  • Pemantau gempa
Bahkan saat ini, GPS dengan ketelitian tinggi bisa digunakan untuk memantau pergerakan tanah, yang ordenya hanya mm dalam setahun. Pemantauan pergerakan tanah berguna untuk memperkirakan terjadinya gempa, baik pergerakan vulkanik ataupun tektonik

(http://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_Pemosisi_Global)

Kekurangan GPS
  • Penggunaan GPS untuk mengetahui posisi yang mengandalkan setidaknya tiga satelit ini tidak selamanya akurat. 
  • Terkadang, dibutuhkan satu satelit untuk memperbaiki sinyal yang diterima.
  • Ketidakakuratan posisi yang ditunjukkan GPS ini dipengaruhi oleh posisi satelit yang berubah dan adanya proses sinyal yang ditunda. 
  • Kecepatan sinyal GPS ini juga seringkali berubah karena dipengaruhi oleh kondisi atmosfer yang ada.
  • Sinyal GPS mudah berinteferensi dengan gelombang elektromagnetik lainnya.
(http://fadli666.wordpress.com/2008/03/24/kelebihan-dan-kekurangan-gps-2/)

Previous
Next Post »