Soft Skill

ini adalah tugas lagi, yang deadlinenya kalo ga salah tuh tanggal 10 Januari, jadi daripada saya dikejer deadline dan dikerubungi berbagai macam UAS, jadi mari kita kerjakan.

Apa itu soft skill ?

Ketrampilan seseorang dalam berhubungan dengan orang lain (INTERPERSONAL SKILLS)
dan ketrampilan dalam mengatur dirinya sendiri (INTRA-PERSONAL SKILLS) yang mampu mengembangkan unjuk kerja secara maksimal.

Soft skills pada dasarnya merupakan ketrampilan personal- yaitu ketrampilan khusus yang bersifat non-teknis, tidak berwujud, dan kepribadian yang menentukan kekuatan seseorang sebagai pemimpin, pendengar (yang baik), negosiator, dan mediator konflik. Sedangkan Hard skill bersifat teknis dan biasanya sekedar tertulis pada bio data atau CV seseorang yang mencakup pendidikan, pengalaman, dan tingkat keahlian (teknis). Soft Skills bisa juga dikatakan sebagai ketrampilan interpersonal seperti kemampuan berkomunikasi dan bekerja sama dalam sebuah kelompok.

untuk lebih mengetahui definisi soft skill dapat dibaca di wikipedia -> clik me

Jadi, apa soft skill itu berguna untuk kita, para mahasiswa ?
jawabannya : sangat berguna.

Intinya soft skill adalah ketrampilan yang ada pada diri kita sendiri, berbeda dari apa yang orang lain punya, serta dapat dikembangkan dengan cara pelatihan atau mungkin dengan cara belajar.
pelatihan soft skill dinilai mampu mengambil insiatif serta mengembangkan efektivitas interaksi seseorang dengan individu lainnya.

Soft skill sendiri sangat diperlukan nantinya untuk kita dalam dunia kerja.
hampir sebagian perusahaan di Indonesia mencari karyawan yang menguasai soft skill dalam dirinya.

Contoh soft skill yang biasanya terdapat di dalam suatu CV :
  • pemecahan masalah
  • keterampilan pemain tim komunikasi
  • pengelolaan konflik
  • interpersonal skills
  • perencanaan dan organisasi
  • motivasi kepemimpinan dan keterampilan
  • inisiatif

jadi, jika kita ingin sukses nantinya, kita tidak hanya harus menguasai Hard Skill tapi harus menguasai Soft Skill juga.

sekian
Previous
Next Post »