Etika Dalam Dunia Profesi

Tidak hanya dalam hidup keseharian dalam dunia kerja juga diterapkan etika keseharian. Berikut adalah contoh etika dalam dunia kerja:

1. Mengetuk Pintu Sebelum Masuk Ruangan

Hal yang sangat sederhana tetapi sangat penting dan tidak boleh dilupakan. Mengetuk pintu sebelum masuk ke sebuah ruangan seperti memberikan isyarat jika kita (si pengetuk ruangan) ingin meminta izin untuk masuk dalam ruangan tersebut dan mengganggu kegiatan orang-orang yang tengah di dalam ruangan.

2. Memberikan Salam Sebelum Masuk Ruangan

Hal yang sama seperti mengetuk pintu, memberi salam juga sangat penting, terlebih lagi jika kita ingin masuk ke ruangan atasan di kantor.

3. Tidak Menyela Pembicaraan Ketika Rapat

Ini merupakan hal yang penting ketika kita sedang mengikuti rapat di kantor. Selain sopan, tidak menyela ada salag satu cara kita menghargai orang yang sedang berbicara di dalam rapat.

4. Berpakaian Yang Sopan

Etika berpakaian yang baik juga harus diterapkan di kantor. Kita tidak ingin orang mencibir diri kita karena berpakaian yang kurang sopan saat ke kantor.

5. Tidak Berisik Ketika Rapat Atau Di Dalam Ruangan

Tidak hanya di bangku kuliah atau sekolah, tetapi di dunia kerja juga ada 'larangan' tersendiri untuk tidak berisik. Selain meghargai si pembicara (dalam rapat), hal ini juga tidak mengganggu fokus rekan kerja yang lain.

6. Tidak Merokok Di Sembarang Tempat

Hargai orang yang tidak merokok dengan tidak merokok di ruangan yang menggunakan AC atau di ruangan yang ada tanda larangan merokok.

7. Tidak Makan Permen Ketika Berbicara

Hal ini dilakukan agar apa yang akan kita bicarakan dapat tersampaikan dengan jelas.

8. Duduk Dengan Tegak Dan Tidak Berpangku Tangan

Sikap duduk yang baik dapat mencerminkan kita siap bekerja untuk hari tersebut. Hal positif ini juga dapat membuat lingkungan kerja menjadi lebih bersemangat.

9. Tidak Memainkan Gadget (Handphone/Tablet) Saat Jam Kerja

Untuk menerima pesan/telpon penting mungkin bisa dimaklumi, tetapi jika untuk bermain games atau hal lainnya yang tak berhubungan dengan kerja sebaiknya ditunda dahulu. Tidak memainkan gadget juga mebuat kita lebih fokus dengan apa yang dikerjakan.

10. Bijak Menggunakan Kertas

Menghemat kertas, selain menjaga lingkungan juga menghemat pengeluaran sebuah kantor.

Previous
Next Post »