Etika Di Indonesia


Etika Di Indonesia

Apa itu etika ? pengertian yang paling dasar, etika adalah sistem nilai pribadi yang digunakan memutuskan apa yang benar, atau apa yang paling tepat, dalam suatu situasi tertentu; memutuskan apa yang konsisten dengan sistem nilai yang ada dalam organisasi dan diri pribadi.

Kata etika berasal dari bahasa Yunani, ethos atau taetha yang berarti tempat tinggal, padang rumput, kebiasaan atau adat istiadat. Oleh filsuf Yunani, Aristoteles, etika digunakan untuk menunjukkan filsafat moral yang menjelaskan fakta moral tentang nilai dan norma moral, perintah, tindakan kebajikan dan suara hati.

Di Indonesia, yang berbudaya ketimuran membuat nilai etika adalah hal yang paling penting diajarkan kepada seorang anak jika ia mulai beranjak dewasa.

Dimulai dari mengucapkan salam saat berkunjung ke rumah atau suatu tempat, atau bahkan tidak lupa mengucapkan terimakasih ketika ditolong atau mendapatkan sesuatu dari orang lain.

Etika adalah suatu peraturan dasar, yang tidak tertulis yang akhirnya menjadi sebuah kebiasaan dan identitas diri dari seseorang yang lahir di Indonesia.
Previous
Next Post »