Cyber Crime


Cyber Crime belakangan marak terjadi di Indonesia. Penipuan, pencemaran nama baik, beredarnya foto-foto tak senonoh merupakan salah satu hal yang sering terjadi di dunia maya.

Unit kepolisian yang menangani Cyber Crime juga telah banyak dibentuk oleh beberapa negara, dan telah banyak menerima laporan.

Berikut salah satu kasus peredaran foto tak senonoh seorang artis asal Hongkong, Edison Chen yang membuat dirinya harus mundur dari dunia perfilm-an Hongkong.

Beredar foto skandal seks Edison Chen di dunia maya terjadi pada 2008 lalu. Foto tak senonoh Edison Chen dan beberapa artis wanita papan atas Hongkong beredar dunia maya.

Edison Chen mengaku jika foto tersebut memang miliknya yang dialamatkan sebagai dokumentasi pribadi. Foto tersebut beredar setelah Edison memperbaiki laptopnya (yang menyimpan foto-foto tersebut) di sebuah toko bermana Elite Multimedia.

Salah satu pegawai toko itu meng-copy total lebih dari 400 foto skandal Edison Chen bersama beberapa wanita yang tersimpan di laptop tersebut.

Pegawai tersebut bernama Sze Ho-chun, harus mendekam dalam penjara hingga 8 bulan lebih, walaupun pemenjaraan dirinya tak mempunyai bukti yang cukup.



Foto tersebut lalu bocor melalui dunia maya, dan membuat Edison Chen meminta maaf secara umum, terutama kepada wanita-wanita yang terlibat dengan kasus ini, dan ia juga secara resmi mengundurkan diri dari industri entertaiment Hongkong.

(Photo credit: asianpopcorn.com)
Previous
Next Post »