Rooting

Rooting dalah proses awal untuk bisa mengakses file sistem di Android kamu. Setelah proses rooting, akan terinstal aplikasi superuser.

Aplikasi Superuser tersebut adalah aplikasi yang memberikan hak akses ROOT(superuser) kepada aplikasi yang membutuhkan akses ROOT, tentu dengan seijin kita sebagai pemegang Android (akan ada semacam popup yang ada tombol allow & deny)

Setelah Android kamu ter-Root, kamu bisa mengikuti semua tutor tentang Android, katanya sih dengan me-rooting Android kamu, gadget android kamu ini akan kehilangan garansi

Tetapi jangan takut, si android kesayangan kita ini juga dapat di un-root, caranya sama dengan me-root android kamu, tetapi file yang digunakan berbeda.

Apa sih kelebihan dan kekurangan kalo Android kamu di root?

Kekurangannya:

1. Hilangnya Garansi Resmi dari pabrikan.. (bisa di unroot, asal jangan ketahuan :p)
2. Karena root ini, punya hak akses yang paling tinggi (superuser) yang bisa mengotak-atik file system; jika kita salah edit/hapus file atau sembarangan install aplikasi (yang support untuk root user dan kita tidak tahu apa kegunaannya) dapat membuat handheld jadi nge-hang, bootloping (nge-restart terus) walaupun sudah di hard reset lewat recovery mode, sering force close, dan lain-lain .


Kelebihan-kelebihan handphone Android sudah di root :

1. Bisa melakukan full backup + restore + freeze aplikasi yang terinstall di android kamu. Sehingga jika suatu saat ada masalah dengan android kamu (biasanya solusinya di hard reset atau wipe).

2. Bisa menginstall aplikasi apa saja (aplikasi non root dan root user).

3. Bisa ganti bootanimation, mengganti logo saat hidupin handheld kamu.

4. Bisa ganti tema , status bar ,icon battery, popup, dan lain- lain. Gantinya bisa offline atau online lewat UOT Kitchen.

Gunakan proses rooting sebijak mungkin, jika merasa belum membutuhkan proses ini diterapkan di handheld kamu, jangan lakukan. Do with your own risk !

nb : handheld saya sudah di root hehehe :D

diambil dari : sini
Previous
Next Post »